BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
PT. Bank Negara Indonesia (Persero),Tbk. menjadi
bagian penulis dalam melaksanakan program Penelitian Penelitian karena dalam
praktik perbankan, ada berbagai contoh aplikasi manajemen keuangan. Penulis
juga dapat mengenal berbagai aktivitas perbankan dengan berinteraksi langsung
melalui praktek lapangan pada perbankan maka penulis dapat mengetahui dan
mengenal lebih jauh bagaimana kinerja keuangan suatu bank dan produk-produk yang dimiliki
bank tersebut.
Dalam penelitian ini yang
dilaksanakan pada instansi/perusahaan
atau lembaga bank swasta maupun pemerintah bertujuan memberi bekal pengetahuan
dan pengalaman kepada setiap pesertanya akan dunia kerja yang sesungguhnya dan
selanjutnya membandingkan dengan teori/pengetahuan yang relevan. Pelaksaan
penelitian di laksanakan dalam rangka peningkatan
kualitas alumni fakultas ekonomi Universitas Hasanuddin yang memiliki kemampuan
mengembangkan berbagai pendekatan sistem dalam menganalisis dengan tingkat
kreativitas tinggi, disiplin tinggi, serta dapat membangun kerja sama di
lingkungan perusahaan. Hal ini sangat membantu agar mahasiswa dapat
menggambarkan lingkungan kerja yang dihadapi nantinya.
Bank merupakan perusahaan yang
menyediakan jasa keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat. Fungsi bank
merupakan perantara di antara masyarakat yang membutuhkan dana dengan
masyarakat yang kelebihan dana. Disamping menyediakan jasa-jasa keuangan
lainya, melihat produk BNI yang kini banyak di
nikmati masyarakat, maka
penulis ingin mengetahui
macam-macam produk dana dan periklanan guna meningkatkan minat menabung nasabah yang ada pada bank BNI serta keuntungan yang
ditawarkan untuk nasabah.
Yang paling penting dalam mengelolah suatu perusahaan adalah bagaimana mengenal luar
dalam produk perusahaan tersebut. Sehingga dengan mengenal produk secara
mendalam akan memudahkaan kita untuk mengemasnya menjadi suatu produk yang laku
di pasaran. Penjualan produk perbankan harus selalu disertai dengan
administrasi yang baik dan kesanggupan serta kecakapan para Sumber daya manusia
(SDM) untuk menjualnya. Dengan meningkatnya aktivitas perusahaan sebagai
perusahaan terkemuka, maka perlu adanya kualitas produk dalam rangka
meningkatkan tingkat kepuasan konsumen dalam penggunaannya. Hal ini untuk
melihat faktor-faktor apa yang memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih
produk yang dipasarkan oleh perusahaan.
Dalam menentukan keputusan konsumen dalam
memilih produk, maka perlu dilakukan
evaluasi terhadap faktor-faktor tersebut
meliputi kualitas produk, harga,
promosi, saluran distribusi dan fasilitas-fasilitas serta faktor penunjang
lainnya, faktor-faktor tersebut sangat berpengaruh dalam pemasaran produk yang ditawarkan oleh
perusahaan tersebut.
Melihat kondisi sebagaimana disebutkan di
atas, maka salah satu upaya yang
dilakukan adalah perbaikan sistem pemasaran yang lebih efektif, di mana dalam
hal penerapannya bukan hanya ditujukan untuk meningkatkan volume penjualan,
akan tetapi juga perlu memerhatikan
peningkatan minat menabung nasabah..
Berdasarkan latar belakang yang telah
dikemukakan, maka penulis mengajukan judul dalam penulisan ini yaitu “ Pengaruh
Produk Diversification dan Advertising Dalam Meningkatkan Minat
Menabung Nasabah Pada PT. Bank Negara
Indonesia (persero) Tbk.” Cabang Makassar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar