BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat ditandai dengan pertumbuhan
industri perbankan yang ada dalam negara tersebut. Semakin berkembang industri
perbankan maka semakin baik pula pertumbuhan ekonomi negara itu sendiri. Salah
satu usaha jasa yang menawarkan berbagai kebutuhan masyarakat akan jasa
pelayanan keuangan, maka usaha jasa perbankan selain mengedepankan
profesionalisme dalam pelayanan kepada masyarakat sebagai nasabah, juga harus
mengedepankan kepercayaan, karena dapat dikatakan bahwa industri perbankan
adalah merupakan industri yang menjual kepercayaan kepada masyarakat sebagai
nasabahnya.
Masyarakat
sebagai konsumen atau pasar yang dituju oleh industri perbankan memiliki berbagai pertimbangan dalam memilih
usaha jasa perbankan yang akan digunakannya, hal tersebut dapat dilihat dari
faktor tingkat bunga yang ditavarkan oleh perbankan kepada masyarakat, tingkat
kenyamanan yang dirasakan oleh masyarakat dalam hal penyimpanan uang pada bank
tersebut, juga mengenai kemudahan dalam memperoleh pinjaman.
Faktor-faktor
tersebut yang menjadi dasar pertimbangan masyarakat untuk memilih jasa
perbankan, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat membentuk loyalitas
pada diri masyarakat akan bank yang dijadikan sebagai pilihan yang
dipercayainya.
Keberadaan
jasa perbankan dalam masyarakat memang lebih menguntungkan terutama pada sektor
perekonomian, di mana para pelaku ekonomi lebih leluasa dalam menjalankan
proses kegiatan ekonominya untuk menunjang kelangsungan hidup. Usaha jasa
perbankan dalam masyarakat yang mengedepankan pelayanan yang baik demi
memperoleh kepercayaan dari masyarakat sebagai nasabahnya akan menghadapi
berbagai macam keadaan atau pandangan yang timbul dari masyarakat sebagai
ungkapan kepuasan atau ketidakpuasannya akan pelayanan yang diterimanya dari
pihak bank yang dipercayainya.
Di
kota Palu dan sekitarnya telah berdiri beberapa bank yang menawarkan jasa
perbankan, baik bank yang dimiliki oleh pihak pemerintah maupun pihak swasta.
Di antaranya Bank Rakyat Indonesia, (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank
Mandiri dan lain sebagainya. Kehadiran bank-bank tersebut, secara ekonomi
memberikan keuntungan kepada masyarakat umum khususnya para pelaku ekonomi.
Menyadari
akan berbagai hal di atas maka dalam penelitian ini peneliti tertarik untuk
memilih bank mandiri sebagai objek penelitian, dengan maksud untuk mengetahui
seperti apa dan bagaimana loyalitas nasabah terhadap pelayanan pihak perbankan
dalam hal ini Bank Mandiri Cabang Hasanuddin Palu. Karenanya perlu dilakukan
kajian lebih mendalam mengenai kualitas pelayanan dan loyalitas nasabah pada Bank
Mandiri Cabang Hasanuddin Kota Palu
melalui penelitian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar