P E N D A H U L U A N
1.1. Latar Belakang
Perusahaaan
sebagai salah satu lembaga perekonomian
dituntut secara aktif di dalam
pelaksanaan pembangunan. Melalui aktivitas
ekonomi, perusahaan dapat memberikan pelayanan dalam memenuhi kebutuhan
masyarakat yang beraneka ragam, baik kebutuhan akan pelayanan jasa maupun
kebutuhan akan produk/barang. Bagi
perusahaan yang menghasilkan produk, tak pelak lagi produk tersebut memegang peranan penting jika dikaitkan
dengan tujuan perusahaan.
Pada dasarnya
perusahaan mengarahkan tujuannya untuk
memperoleh keuntungan yang optimal dan menjalankan operasi perusahaan
secara kontinyu. Untuk memperoleh keuntungan dari setiap aktivitas yang dilakukan perusahaan, maka
perusahaan melakukan berbagai usaha dan strategi segmentasi pasar. Usaha yang
dilakukan perusahaan antara lain menekan biaya produk dan biaya pemasaran, memproduksi produk-produk yang banyak
diminati konsumen, meningkatkan mutu produk, menjual produk dengan harga yang terjangkau, pemberian pelayanan yang baik,
dan sebagainya. Sedangkan strategi segmentasi pasar yang dilakukan adalah
strategi pasar regional dan strategi pasar nasional.
Strategi
segmentasi pasar ini adalah salah satu dari beberapa kegiatan manajemen yang mempunyai peranan
yang sangat penting sebab merupakan penunjang langsung terhadap kegiatan
perusahaan untuk memperoleh laba yang optimal dari hasil penjualan yang
maksimal dan dengan biaya tertentu. Strategi segmentasi pasar merupakan
kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan omzet penjualan.
Dalam
rangka mencapai penjualan yang maksimal, maka produk yang ditawarkan kepada
konsumen harus dapat memenuhi kebutuhan dan selera konsumen dengan
memperhatikan tingkat ekonomi masyarakat.
PT. Hadji Kalla Cabang Bulukumba
merupakan perusahaan yang bergerak di
bidang jasa penjualan kendaraan. Karena itu, strategi segmentasi pasar
sangat diperlukan oleh PT. Hadji Kalla Cabang Bulukumba dalam memasarkan kendaraan.
Untuk itu perlu diketahui strategi dan kebijaksanaan bagaimana yang harus
ditempuh perusahaan, sehubungan dengan pemasaran kendaraan dalam menjangkau
konsumen.
Peranan pemasaran sangat
menentukan dalam memasarkan kendaraan
ini agar dapat sampai ke tangan konsumen akhir. Hal ini disebabkan karena kendaraan
ini bukan saja dibutuhkan untuk
segolongan kecil masyarakat tetapi untuk semua golongan dalam
masyarakat.
Berdasarkan latar belakang
tersebut, penulis tertarik untuk memilih
judul "Analisis Segmentasi Mobil Toyota Avanza Terhadap Peningkatan
Penjualan pada PT. Hadji Kalla Cabang Bulukumba".
Menurut Manullang (2004:470),
segmentasi pasar adalah suatu aduan yang dibangun dengan membaurkan
berbagai masukan (produk, saluran
pemasaran, dan sistem distribusi fisik, pengiklanan, kewiraniagaan, gaya hidup, promosi lain dan
harga).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar