Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui apakah
kekuatan persaingan industri pendidikan tinggi yang meliputi: ancaman masuknya
penyelenggara baru, ancaman Program S1 Non Manajemen, kekuatan tawar menawar
mahasiswa, kekuatan tawar menawar pemasok bahan ajar dan persaingan antar
penyelenggara yang ada berpengaruh secara signifikan baik secara simultan
maupun parsial terhadap strategi bersaing Program S1 Manajemen pada PTS di Kota
Malang. 2) Untuk mengetahui aspek kekuatan persaingan industri pendidikan
tinggi yang meliputi: ancaman masuknya penyelenggara baru, ancaman Program S1
Non Manajemen, kekuatan tawar menawar mahasiswa, kekuatan tawar menawar pemasok
bahan ajar dan persaingan antar penyelenggara yang ada, yang berpengaruh paling
dominan terhadap strategi bersaing Program S1 Manajemen pada PTS di Kota
Malang.
Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang datanya
berupa angka-angka atau gejala yang diangkakan. Variabel bebasnya adalah Ancaman
Masuknya Penyelenggara Baru (X1), Ancaman Program S1 Non Manajemen (X2), Kekuatan
Tawar Menawar Mahasiswa (X3), Kekuatan
Tawar Menawar Pemasok Bahan Ajar (X4), Persaingan Antar Penyelenggara Yang Ada (X5), dan
variabel terikatnya adalah Strategi Bersaing Program S1 Manajemen (Y). Desain
penelitian yang dipergunakan adalah penelitian populasi, dengan teknik
pengumpulan data dilakukan melalui teknik kuesioner, observasi, interview dan pencatatan
dokumen. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif, yaitu dengan
menggunakan model statistik dalam program komputer (SPSS 12.00), dengan teknik
analisis deskriptif, analisa faktor dan analisa regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kekuatan
persaingan industri pendidikan tinggi yang meliputi: ancaman masuknya
penyelenggara baru, ancaman Program S1 Non Manajemen, kekuatan tawar menawar
mahasiswa, kekuatan tawar menawar pemasok bahan ajar, dan persaingan antar penyelenggara yang ada berpengaruh
terhadap strategi bersaing Program S1 Manajemen pada PTS di Kota Malang, baik
secara simultan maupun parsial, 2) PTS yang menyelenggarakan Program S1
Manajemen di Kota Malang memberikan perhatian utama (perhatian yang paling
besar) pada masuknya penyelenggara baru karena dikuatirkan akan menggoyahkan
strategi bersaing yang ada
Tidak ada komentar:
Posting Komentar