Penelitian
ini bertujuan untuk 1) Untuk menganalisis pengaruh variabel produk, harga,
distribusi, dan promosi terhadap keputusan berbelanja di Swalayan Koperasi Unit
Desa (KUD) Pakis Kabupaten Malang, 2) Untuk menganalisis manakah dari variabel
produk, harga, distribusi dan promosi, berpengaruh secara dominan terhadap
keputusan pelanggan berbelanja di Swalayan Koperasi Unit Desa (KUD) Pakis
Kabupaten Malang
Penelitian
ini menggunakan pendekatan penelitian penjelasan (explanatory research) dengan
metode survei. Variabel bebas adalah
Bauran pemasaran (X), yang meliputi : X1
: Produk, X2 :
Harga, X3 : Distribusi, X4 : Promosi. Variabel terikat
adalah Keputusan Berbelanja (Y). Sampel diambil dari Populasi dengan teknik
accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik Angket /
Kuesioner, Wawancara dan observasi, Yang terdiri dari data primer dan data
sekunder. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif, yaitu dengan
menggunakan model statistik dalam program komputer ( SPSS 10.0 ), dengan teknik analisis
deskriptif dan analisis regresi linier berganda.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: a) Ada hubungan yang nyata (significan) antara
variabel produk, harga, distribusi, dan
promosi dengan variabel keputusan berbelanja di Swalayan Koperasi Unit Desa
(KUD) Pakis yang ditunjukkan dengan nilai R sebesar 0.670 ; b) Variabel produk, harga, distribusi, dan promosi secara bersama-sama
berpengaruh terhadap keputusan berbelanja di Swalayan Koperasi Unit Desa (KUD)
Pakis yang dapat dibuktikan dengan nilai f hitung sebesar 19.358 dengan taraf
signifikansi 0.0000.; c) Variabel produk, merupakan variabel yang dominan
berpengaruh terhadap keputusan berbelanja di Swalayan Koperasi Unit Desa (KUD)
Pakis yang dibuktikan dengan nilai t hitung = 5.442 dengan taraf
signifikan 0.000 lebih kecil dari 0.05.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar