Penelitian
ini bertujuan untuk 1). Untuk mengetahui pengaruh hubungan antara kondisi sosial
ekonomi keluarga yang meliputi pendapatan, pendidikan, jenis pekerjaan dan
jumlah anggota keluarga secara bersama-sama terhadap pola konsumsi di Kecamatan
Wagir Kabupaten Malang. 2) Untuk mengetahui pengaruh hubungan antara kondisi
sosial ekonomi keluarga yang meliputi pendapatan, pendidikan, jenis pekerjaan
dan jumlah anggota keluarga secara sendiri-sendiri terhadap pola konsumsi di
Kecamatan Wagir Kabupaten Malang 3) Untuk mengetahui faktor sosial ekonomi
keluarga manakah yang paling berpengaruh dominan terhadap pola konsumsi di
Kecamatan Wagir Kabupaten Malang.
Penelitian
ini menggunakan pendekatan penelitian eksplanatoris (explanatory research)
yaitu jenis penelitian yang berupaya menjelaskan pengaruh antara
variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Variabel bebas adalah X1 =
pendapatan, X2 = pendidikan,
X3 = jenis pekerjaan, X4
= anggota keluarga dan variabel terikat adalah pola konsumsi (Y).
teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik Kuesioner dan Dokumenter, yang
terdiri dari data primer dan data sekunder. Selanjutnya data dianalisis secara
kuantitatif, yaitu dengan menggunakan model statistik dalam program komputer,
dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil analisa bahwa Pendapatan, Pendidikan, Jumlah
Keluarga , dan Jenis Pekerjaansecara simultan berpengaruh terhadap Pola
Konsumsi Masyarakat Kecamatan Wagir
Kabupaten Malang. 2) Pendapatan, Pendidikan, Jumlah Keluarga , dan Jenis Pekerjaansecara
parsial berpengaruh terhadap Pola Konsumsi
Masyarakat Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. 3) Berdasarkan nilai
koefisien regresi (b) antara variabel Pendapatan,
Pendidikan, Jumlah Keluarga , dan Jenis Pekerjaan maka variabel yang mempunyai
pengaruh dominan terhadap Pola Konsumsi
Masyarakat Kecamatan Wagir Kabupaten Malang adalah variabel pendidikan
dimana nilai koefisien regresinya yang paling tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar