Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis, (1) pengaruh secara parsial Kepemimpinan Transformasional, Transaksional dan Motivasi kerja terhadap Disiplin kerja guru di SMP Negeri 19 Kota Malang, (2) pengaruh secara Simultan Kepemimpinan Transformasional, Transaksional dan Motivasi kerja terhadap Disiplin kerja guru di SMP Negeri 19 Kota Malang (3) pengaruh yang dominan terhadap Disiplin kerja guru di SMP Negeri 19 Kota Malang.
Jenis penelitian ini menggunakan metode survei. Penelitian
survei dimaksudkan menjelaskan (explanatory) hubungan kausal dan
pengujian hipotesis. Memfokuskan pada pengungkapan hubungan kausal antar
variabel dengan tujuan, memisahkan pengaruh langsung sesuatu variabel penyebab
terhadap variabel akibat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan
hasil analisis regresi berganda, Gaya kepemimpinan transformasional,
transaksional dan variabel Motivasi kerja memberikan pengaruh secara nyata dan
signifikan positif terhadap peningkatan Disiplin kerja guru di SMP Negeri 19 Kota Malang.
Dengan indikator penelitian Kharisma dan Inspirasi, Rangsangan
Intelektual dan Pertimbangan Individu untuk
gaya kepemimpinan transformasional. Sedangkan Pemberian Imbalan,
Management by Exception yang Aktif, dan Management by Exception yang Pasif
untuk gaya kepemimpinan transaksional. Sedangkan indikator Motivasi kerja
adalah Kemauan dan kegairahan kerja
guru, daya inisiatif kerja guru, daya usaha kerja guru & keterlibatan, dan
keterlibatan kerja guru.
Secara bersama-sama Gaya kepemimpinan transformasional,
Motivasi kerja dan Gaya kepemimpinan transaksional memberi pengaruh secara
signifikan terhadap peningkatan Disiplin kerja
guru di SMP Negeri 19 Kota Malang
. Artinya semua indicator dari ketiga variabel
penelitian ini di SMP Negeri 19 Kota
Malang juga dilaksanakan, yang
membedakan adalah intensitasnya dari ketiga variabel penelitian tersebut.
Secara statistik pengaruh secara simultan kategori cukup dengan R square 65.70%
yang berarti masih ada 34.30% Disiplin kerja
guru masih dipengaruhi factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian
ini, dan hasil Uji F 38.232 dan signifikansi probabilitas 0.000 yang berarti Disiplin kerja guru dipengaruhi secara bersama-sama dan
signifikan oleh Gaya kepemimpinan transformasional, Gaya kepemimpinan
transaksional dan Motivasi kerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar