ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, TRANSAKSIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA DI... (380)

 Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis, (1) pengaruh secara parsial Kepemimpinan Transformasional, Transaksional dan Motivasi kerja terhadap  Disiplin kerja guru di SMP Negeri 19 Kota Malang, (2) pengaruh secara Simultan Kepemimpinan Transformasional, Transaksional dan Motivasi kerja terhadap  Disiplin kerja guru di SMP Negeri 19 Kota Malang (3) pengaruh yang dominan terhadap Disiplin kerja guru di SMP Negeri 19 Kota Malang.

Jenis penelitian ini menggunakan metode survei. Penelitian survei dimaksudkan menjelaskan (explanatory) hubungan kausal dan pengujian hipotesis. Memfokuskan pada pengungkapan hubungan kausal antar variabel dengan tujuan, memisahkan pengaruh langsung sesuatu variabel penyebab terhadap variabel akibat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis regresi berganda, Gaya kepemimpinan transformasional, transaksional dan variabel Motivasi kerja memberikan pengaruh secara nyata dan signifikan positif terhadap peningkatan Disiplin kerja  guru di SMP Negeri 19  Kota Malang.  Dengan indikator penelitian Kharisma dan Inspirasi, Rangsangan Intelektual dan Pertimbangan Individu untuk gaya kepemimpinan transformasional. Sedangkan Pemberian Imbalan, Management by Exception yang Aktif, dan Management by Exception yang Pasif untuk gaya kepemimpinan transaksional. Sedangkan indikator Motivasi kerja adalah Kemauan dan kegairahan kerja guru, daya inisiatif kerja guru, daya usaha kerja guru & keterlibatan, dan keterlibatan kerja guru.

Secara bersama-sama Gaya kepemimpinan transformasional, Motivasi kerja dan Gaya kepemimpinan transaksional memberi pengaruh secara signifikan terhadap peningkatan Disiplin kerja  guru di SMP Negeri 19  Kota Malang . Artinya semua indicator dari ketiga variabel penelitian ini di SMP Negeri 19  Kota Malang  juga dilaksanakan, yang membedakan adalah intensitasnya dari ketiga variabel penelitian tersebut. Secara statistik pengaruh secara simultan kategori cukup dengan R square 65.70% yang berarti masih ada 34.30% Disiplin kerja   guru masih dipengaruhi factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, dan hasil Uji F 38.232 dan signifikansi probabilitas 0.000 yang berarti  Disiplin kerja   guru dipengaruhi secara bersama-sama dan signifikan oleh Gaya kepemimpinan transformasional, Gaya kepemimpinan transaksional dan Motivasi kerja.

Variabel yang berpengaruh dominan terhadap peningkatan Disiplin kerja  guru adalah Variabel Motivasi kerja dengan indikator Kemauan dan kegairahan kerja guru, daya inisiatif kerja guru, daya usaha kerja guru & keterlibatan, dan keterlibatan kerja guru. Sehingga Motivasi kerja ini dipakai dasar managemen SDM untuk pengambilan keputusan SDM yang akhurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download Tesis Gratis

Cara Seo Blogger