PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SEMANGAT KERJA PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT YANG DILAYANI PADA KANTOR PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (KPTSP) (398)

 

Instansi Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPTSP) Kabupaten Blitar adalah merupakan suatu instansi pemerintah yang mempunyai tugas pokok memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam pengurusan perizinan dan non perizinan, terkait dengan usaha ataupun kegiatan lainnya yang dilakukan oleh masyarakat yang memerlukan legalitas dari pemerintah. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh KPTSP disertai dengan semangat kerja dari pegawai yang ada akan sangat mempengaruhi kepuasan dari masyarakat yang dilayaninya. Pelayanan yang berkualitas serta semangat kerja yang tinggi tentunya akan memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan pemerintah daerah.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis, (1) pengaruh kualitas pelayanan dan semangat kerja pegawai pada KPTSP Kabupaten Blitar secara simultan terhadap kepuasan masyarakat yang dilayaninya, (2) pengaruh kualitas pelayanan dan semangat kerja pegawai pada KPTSP Kabupaten Blitar secara parsial terhadap kepuasan masyarakat yang dilayaninya, (3) diantara dua variabel tersebut manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan masyarakat yang dilayaninya.

Jenis penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian survei yang dimaksud adalah bersifat menjelaskan hubungan kausal dan menggunakan pengujian hipotesis. Jenis penelitian survei ini memfokuskan pada pengungkapan hubungan kausal antar variabel dengan tujuan memisahkan pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung suatu variabel penyebab terhadap variabel akibat. Variabel sebab-akibat tersebut adalah : Kualitas Pelayanan (X1), Semangat Kerja Pegawai (X2)  terhadap Kepuasan Masyarakat Yang Dilayani (Y).

Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan (X1) dan Semangat Kerja Pegawai (X2) terhadap Kepuasan Masyarakat Yang Dilayani (Y) dengan nilai Fhitung sebesar 119,306 dengan nilai signifikan sebesar 0,000, (2) secara parsial X1 berpengaruh secara signifikan terhadap Y hal ini dibuktikan dengan nilai t value  sebesar 10,594, dengan taraf signifikasi sebesar 0,000, sedangkan secara parsial X2 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Y hal ini dibuktikan dengan nilai t value  sebesar 0,246, dengan taraf signifikasi sebesar 0,806, (3) sedangkan dari kedua variabel tersebut yang paling dominan mempengaruhi terhadap Y adalah variabel Kualitas Pelayanan (X1) dengan nilai beta X1 sebesar 0,829 lebih besar jika dibandingkan dengan nilai beta pada variabel Semangat Kerja Pegawai (X2) sebesar 0,019.

Berdasarkan temuan dari penelitian tersebut disarankan kepada :       (1) pegawai KPTSP untuk dapat lebih meningkatkan lagi semangat kerjanya sehingga dapat lebih meningkatkan kepuasan dari masyarakat yang dilayaninya, (2) Kepala KPTSP agar dapat mengusulkan penambahan personil, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat lebih optimal, (3) perlu adanya penaambahan sarana penunjang kegiatan oprasional lapangan, seperti mobil oprasional sehingga dapat memperlancar pelayanan kepada masyarakat, (4) perlu adanya peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia berupa pelatihan-pelatihan khususnya dibidang pelayanan masyarakat, (5) perlu adanya penghargaan kepada pegawai KPTSP misalnya berupa peningkatan jenjang karier maupun peningkatan kesejahteraan sehingga dapat memacu peningkatan semangat kerja pegawai.  

  Klik Download Untuk mendapatkan File Lengkap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download Tesis Gratis

Cara Seo Blogger