Iklan adalah sumber
informasi utama dalam
pengambilan keputusan. Kegiatan periklanan adalah salah satu alat promosi utama yang sering digunakan
untuk
mengarahkan komunikasi yang bersifat membujuk kepada yang ditujunya. Iklan dapat
menggunakan banyak media,
salah satunya adalah media
televisi. Bintang televisi, aktor dan atlet terkenal banyak digunakan dalam iklan majalah,
maupun
TV komersial
untuk mendukung
produk. Bintang iklan (celebrity endorser)
bergerak
sebagai
orang
yang berbicara
tentang
produk yang akan mempengaruhi sifat dan perilaku konsumen yang menunjuk pada produk yang
didukungnya.
Salah
satu produk
yang sering diiklankan
adalah
Honda Vario dengan model atau bintang iklannya Agnes Monica. Model iklan atau disebut sebagai endorser dapat berperan besar dalam mempengaruhi audience
didalam iklan suatu produk.
Dalam buku tersebut dituliskan tentang VisCAP model yaitu bahwa model
iklan
(endorser)
memiliki
karakteristik antara lain
Visibility,
Credibility, Attraction dan Power. Penggunaan bintang idola iklan berpengaruh
besar terhadap keputusan pembelian
konsumen. Penelitian ini bertujuan
untuk
menganalisis pengaruh Pandangan Iklan (Visibility), Kredibilitas Iklan (Credibility), Daya Tarik Iklan (Attraction)
dan Kekuatan Iklan (Power) terhadap Minat Beli kendaraan bermotor merek Honda Vario di Kota Semarang
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan sepeda
motor
matic merek Honda Vario di Kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian konsumen yang menggunakan sepeda motor matic merek Honda Vario di Kota Semarang
yang berjumlah 100 responden. Jenis datanya adalah
primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda.
Hasil analisis dengan menggunakan SPSS Versi 13 menunjukkan bahwa: (1). Pandangan Iklan (visibility) berpengaruh signifikan terhadap minat beli sepeda motor matic merek Honda Vario di Kota Semarang. (2). Kredibilitas Iklan (credibility) berpengaruh signifikan terhadap minat beli sepeda motor matic merek Honda Vario di Kota Semarang. (3). Daya tarik Iklan (attraction) berpengaruh signifikan terhadap minat beli sepeda motor matic merek Honda Vario di Kota Semarang. (4). Kekuatan Iklan (power) berpengaruh signifikan terhadap minat beli sepeda motor matic merek Honda Vario di Kota Semarang. Besarnya pengaruh pandangan Iklan, kredibilitas Iklan, daya tarik Iklan, dan kekuatan iklan terhadap minat beli sepeda motor matic merek Honda Vario adalah sebesar 66,2% (adjusted r square = 0,662), sementara 33,8% (100%-66,2%) minat beli sepeda motor matic merek Honda Vario dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci
: Pandangan (Visibility), Kredibilitas (Credibility), Daya Tarik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar