Analisis Pengaruh Pandangan Iklan, Kredibilitas Iklan, Daya Tarik Iklan Dan Kekuatan Iklan Terhadap Minat Beli ( Studi Kasus Terhadap Pengguna Sepeda Motor Matic Merek Honda Vario Di Kota Semarang ) (Ket : X1 = Pandangan Iklan, X2 = Kredibilitas Iklan, X3 = Daya Tarik Iklan, X4 = Kekuatan Iklan , Y = Minat Beli) (Kode: 57)

Iklan  adalah  sumber  informasi  utama  dalam  pengambilan  keputusan. Kegiatan periklanan adalah salah satu alat promosi utama yang sering digunakan untuk mengarahkan komunikasi yang bersifat membujuk kepada yang ditujunya. Iklan dapat  menggunakan  banyamedia,  salah satunya  adalah media  televisi. Bintang televisi, aktor dan atlet terkenal banyak digunakan dalam iklan majalah, maupun  TV  komersial  untuk   mendukung  produk.  Bintang  iklan  (celebrity endorser)  bergerak  sebagai  orang  yang  berbicara  tentang  produk  yang  akan mempengaruhi sifat dan perilaku konsumen yang  menunjuk pada produk yang didukungnya.  Salah  satu  produk  yang  sering  diiklankan  adalah  Honda  Vario dengan model atau bintang iklannya Agnes Monica. Model iklan  atau disebut sebagai endorser dapat berperan besar dalam mempengaruhi audience  didalam iklan suatu produk. Dalam buku tersebut dituliskan tentang VisCAP model yaitu bahwa  model  iklan  (endorser)  memiliki  karakteristik  antara  lain  Visibility, Credibility, Attraction dan Power. Penggunaan bintang idola iklan berpengaruh besar  terhadap keputusan  pembelian  konsumen.  Penelitiaini bertujuan  untuk menganalisis          pengaruh        Pandangan        Iklan                         (Visibility), Kredibilitas   Iklan (Credibility), Daya Tarik Iklan (Attraction) dan Kekuatan Iklan (Power) terhadap Minat Beli kendaraan bermotor merek Honda Vario di Kota Semarang

Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan sepeda motor matic merek Honda Vario di Kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian konsumen yang menggunakan sepeda motor matic merek Honda Vario di Kota Semarang  yang berjumlah 100 responden. Jenis datanya adalah primer. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda.

Hasil analisis dengan menggunakan SPSS Versi 13 menunjukkan bahwa: (1) Pandangan  Iklan  (visibility)  berpengaruh  signifikan  terhadap  minat  beli sepeda motor matic merek Honda Vario di Kota Semarang. (2). Kredibilitas Iklan (credibility) berpengaruh signifikan terhadap minat beli sepeda motor matic merek Honda Vario di Kota  Semarang. (3). Daya tarik Iklan (attraction) berpengaruh signifikan terhadap minat beli  sepeda motor matic merek Honda Vario di Kota Semarang. (4). Kekuatan Iklan (power)  berpengaruh signifikan terhadap minat beli  sepeda  motor  matic  merek  Honda  Vario  di   Kota  Semarang.  Besarnya pengaruh pandangan Iklan, kredibilitas Iklan, daya tarik Iklan, dan kekuatan iklan terhadap minat beli sepeda motor matic merek Honda Vario adalah sebesar 66,2% (adjusted r square = 0,662), sementara 33,8% (100%-66,2%) minat  beli sepeda motor matic  merek Honda Vario dijelaskan olefaktor-faktor lain yang  tidak diteliti.

 

Kata Kunci  : Pandangan (Visibility), Kredibilitas (Credibility), Daya Tarik

(Attraction), Kekuatan (Power) dan Minat Beli

Klik Download Untuk mendapatkan File Lengkap





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Download Tesis Gratis

Cara Seo Blogger