Analisis Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Tabungan Masa Depan Di PT. Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar (93)
Salah satu kegiatan usaha yang
paling dominan dan sangat dibutuhkan keberadaannya didunia ekonomi dewasa ini
adalah kegiatan usaha lembaga keuangan perbankan. Fungsi perbankan sebagai
lembaga intermediasi sangat berperan dalam menunjang pertumbuhan ekonomi suatu
bangsa. Selain itu peranan perbankan sebagai penunjang dari keputusan bisnis
yang merupakan kebutuhan dari masyarakat untuk melakukan suatu aktivitas
perekonomian.
Iklim
usaha yang semakin menantang, seperti dalam dunia industri perbankan membuat manajemen
perbankan dapat menjawab tantangan pasar dan memanfaatkan peluang pasar dalam
struktur persaingan di masa kini maupun di masa mendatang. Kemampuan perusahaan
dalam menangani masalah pemasaran, mencari dan menemukan peluang-peluang pasar
akan mempengaruhi kelangsungan hidup perbankan dalam persaingan. Dalam keadaan
ini pihak perbankan ditantang untuk lebih berperan aktif dalam mendistribusikan
dan memperkenalkan produknya agar nasabah dapat mempengaruhi keputusan nasabah
dalam memilih produk tabungan masa depan.
Salah satu cara yang dilakukan
sehingga akan mempengaruhi nasabah dalam memilih produk tabungan masa depan adalah
melakukan brand image. Menurut Erna
(2008:165) bahwa brand image adalah persepsi tentang merek yang merupakan
refleksi memori konsumen akan asosiasinya pada merek tersebut, kemudian dalam
penelitian yang dilakukan oleh Intan Indah Lestari dengan judul penelitian
pengaruh brand image terhadap keputusan nasabah dalam memilih tabungan pada PT.
Bank Central Asia Cabang Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan secara
parsial citra pemakai, citra produsen dan citra pembuat berpengaruh dan
signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk tabungan.
Kemudian perlu ditambahkan perbedaan
penelitian yang dilakukan oleh Intan dan peneliti adalah terletak dari produk
tabungan, dimana penelitian yang dilakukan oleh Indah adalah tabungan tahapan
yang sedangkan yang akan dilakukan oleh peneliti adalah tabungan tampan.
Alasannya peneliti memilih tabungan masa depan (tampan) adalah karena jenis
produk Tampan yang ditawarkan oleh PT. Bank Sulselbar sangat diminati oleh
nasabah penabung.
Sehubungan dengan uraian tersebut di
atas, mana penelitian ini ditentukan pada PT. Bank Sulselbar Cabang Utama
Makassar. Dalam menunjang aktivitas operasional bank maka salah satu faktor
yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup suatu perbankan adalah nasabah
penabung, alasannya karena dengan adanya kenaikan jumlah nasabah penabung akan
berdampak terhadap peningkatan financial tabungan nasabah disetiap bank, hal
ini dapat disajikan melalui tabel 1 yaitu sebagai berikut :
Tabel 1.1 Perkembangan Nasabah Tabungan Masa Depan Januari Tahun
2011 s/d Juni 2012
Tahun
|
Triwulan 1
|
Triwulan 2
|
Triwulan 3
|
Triwulan 4
|
Jumlah
|
Jan-Maret
|
April-Juni
|
Juli-Sept.
|
Okt-Des.
|
||
2011
|
70
|
36
|
22
|
19
|
147
|
2012
|
229
|
398
|
627
|
||
Jumlah nasabah secara keseluruhan
|
774
|
Sumber :
Data diolah dari PT. Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar
Berdasarkan tabel 1 yakni hasil
analisis mengenai perkembangan jumlah nasabah tabungan masa depan pada
PT. Bank Sulselbar Cabang
Utama Makassar dalam 2 tahun terakhir yakni dari tahun 2011 dan tahun
2012 adalah sebanyak 774 orang nasabah. Sehingga dengan adanya perkembangan
jumlah nasabah tersebut maka penulis perlu melakukan evaluasi mengenai pengaruh
brand image atau citra merek yang mempengaruhi perilaku atau keputusan nasabah
dalam memilih produk tabungan masa depan yang ditawarkan oleh PT. Bank Sulselbar
Cabang Utama Makassar.
Berdasarkan uraian tersebut di atas,
maka penulis tertarik untuk mengangkat tema ini lebih dalam dengan memilih
judul : “Analisis Pengaruh Brand Image
Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Tabungan Masa Depan di PT. Bank
Sulselbar Cabang Utama Makassar”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar